logo

Acara Purnabakti Banjir Pantun, Ridhwan Hajjaj : “Semuanya Akan Pensiun Seperti Kami!,”

Written by aday on .

Written by aday on . Hits: 63

Acara Purnabakti Banjir Pantun,

Ridhwan Hajjaj : “Semuanya Akan Pensiun Seperti Kami!,”

purna1

Jakarta | pta-jakarta.go.id (27/12)

Ada yang menarik pada acara Pengantar Tugas dan Purnabakti Hakim Tinggi dan Wakil Panitera kemarin (Selasa, 26 Desember 2018). Dr. H. Ahmad Fathoni, S.H., M.Hum. yang didaulat menyampaikan sambutan perpisahan terhadap Dr. H. Faisol, S.H., M.H, hakim tinggi yang mutasi ke PTA Jawa Barat, Drs. H. Ridhwan Hajjaj, MA, Dr. H. Komari, S.H., M.Hum (Hakim Tinggi) dan H. Sajadi, S.H., M.H. (Wakil Panitera) –dimana ketiganya memasuki masa pensiun, dipenuhi ujaran pantun pada keseluruhan pesan-pesannya.

“Serai dan Salam buat campuran masakan
Buat jamuan sebagai adat bersopan santun
Sambutlah salam selamat datang dan pesan perpisahan
Saya sampaikan melalui untaian pantun"

"Lain lubuk lain ikannya
Lain ladang lain pula belalangnya
Lain orang lain sifat dan perangainya
Tapi tetap sebagai saudara dlm iman Islamnya”

Demikian pantun pertama Ketua PPHIMD PTA DKI Jakarta ini, seolah mengawali kata sambutannya. Tak berhenti di situ, peraih Doktor Ekonomi Syari’ah ini ternyata menyampaikan pesan dan kesan kepada 4 warga PTA DKI Jakarta yang mutasi maupun yang purnabakti tersebut.

Simak pantun Ahmad Fathoni yang secara khusus diberikan untuk Dr. H. Faisol, S.H., M.H. yang mutasi menjadi Hakim Tinggi PTA Jawa Barat :

"Bila tidak dikarenakan unggas
Tidaklah rusak padi di sawah
Kalaulah tidak karena tugas
Tidaklah kita dapat berpisah"

Selanjutnya pria asal Sukabumi ini juga menyampaikan pesan melalui pantun untuk Drs. H. Ridwan Hajjaj, M.A., Dr H. Komari, S.H., M.Hum. dan H. Sajadi, S.H., M.H yang akan memasuki masa purna tugas :

"Bunga kemboja putih berseri
Putihnya melur diujung dahan
Atas hubungan kerja serta bantuan yg diberi
Puji syukur dan terima kasih kami ucapkan"

"Ayam hitam bintik2 di tepi hutan
Terlihat dari pinggir telaga
Nama yg baik lintas ingatan
Seribu tahun terkenang juga"

"Bila menjemur papan panjang
Baik disusun tegak berdiri
Bilakah ada umur panjang
In sya Allah kita kan berjumpa lagi"

Tak lupa ia juga membuatkan pantun buat 5 Hakim Tinggi yang baru dilantik (Drs. H. Nooruddin Zakaria, S.H., M.H., Drs. H. Abdul Mu’in Thalib, S.H., M.H., Drs.H. Wakhidun A.R, S.H., M.Hum., Dra. N. Munawarah, M.H. dan Drs. H. Achmad Hanifah), Panitera (Drs. Mohammad Yamin, M.H.) dan Panitera Pengganti (Sahadi, S.HI), begini pantunnya :

"Sirih berlipat sirih pinang
Sirih dari kampung bintara
Pemanis kata ucapan selamat datang
Awal bismillah pembuka bicara"

"Batu kecubung warna ungu
Ditata berlian batu bermutu
Kebiasaan betawi menyambut tamu
Hamparkan tikar lebarkan pintu"

Ridhwan Hajaj : “Semuanya Akan Pensiun Seperti Kami!”

Pada sesi kata-kata pamitan yang diwakili Ridhwan Hajaj, menyampaikan beberapa pesan dan kesan yang cukup berkesan. Mulanya Ridwan mengucap syukur atas perjalanan mengabdi di lingkungan peradilan agama ini. “Saya rasa selama di PTA DKI Jakarta, kami telah diperlakukan dan telah dilayani dengan baik oleh para pejabat struktural khususnya dibawah bimbingan Ketua PTA DKI Jakarta,” kata Ridhwan yang hadir bersama sang isteri. Menurut Ridhwan selama bersidang memutus perkara yang kadang jadi Anggota Majelis, kadang jadi Ketua Majelis, dapat berjalan dengan baik. “Alhamdulillah dari sekian perkara yang kami tangani, sedikit sekali yang menempuh kasasi, sehingga anggapan kami, para pihak dapat terpuaskan (atas putusan-red),” sambungnya.

Ridwan bersama rekan lainnya yang hadir masing-masing bersama isteri-isterinya, mengungkapkan rasa syukurnya atas banyaknya rekan-rekan seperjuangannya dapat menjabat Wakil Ketua PTA di berbagai Pengadilan Tinggi Agama. “Kami bersyukur atas temen-temen yang bisa meraih jabatan Wakil Ketua, sementara kami tidak sempat,” kata Ridwan sedikit curhat. “Tapi ingat semuanya akan pensiun seperti kami,” tandasnya yang diiringi gelak tawa hadirin.

Ridhwan juga menyampaikan rasa senangnya dapat bermain olahraga Tenis lapangan bersama Ketua PTA DKI Jakarta dan teman-teman hakim serta pegawai lainnya. “Kadang kami menang kadang kami juga kalah,” imbuhnya tersenyum. (Aday | foto : Edy)

Hubungi Kami

Pengadilan  Tinggi Agama DKI Jakarta

Jalan Raden Inten II No. 3, Duren Sawit,
Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta (13440)

Telp:  (021) 86902313

Fax: (021) 86902314

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.