logo

Kikis Habis Perkara 2018 dan Kembali Zero, Ketua PTA DKI Jakarta : “Alhamdulillah!”

Written by aday on .

Written by aday on . Hits: 12512

Kikis Habis Perkara 2018 dan Kembali Zero, Ketua PTA DKI Jakarta : “Alhamdulillah!”

data terima putus 2018

Jakarta | pta-jakarta.go.id (14/1/2019)

Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta kembali mengukir sejarah. Perkara di tingkat banding tahun 2018 berhasil diselesaikan di tahun yang sama dan tak menyisakan sisa perkara sama sekali alias zero perkara.

Demikian dikatakan Ketua Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta, Drs. H. Mohammad Yamin Awie, S.H., M.H. saat menyampaikan sambutannya dalam acara rapat koordinasi awal tahun 2019 beberapa waktu lalu.

kategori amar

Menurut Mohammad Yamin Awie, pengikisan perkara tahun 2018 menjadi zero perkara, tak lepas dari keterlibatan semua pihak baik para Hakim dan Majelisnya, Pejabat Kepaniteraan maupun Kesekretariatan. Atas jerih payah dan kesuksesan ini, Ketua menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih. “Saya ucapkan alhamdulillah atas capaian ini sehingga PTA DKI Jakarta kembali nihil perkara alias zero,” ucap Ketua yang saat itu didampingi Wakil Ketua PTA DKI Jakarta, Dr. Hj. Djazimah Muqoddas, S.H., M.Hum.

Dikatakan Ketua, dari 131 perkara yang masuk ditambah 1 perkara sisa perkara tahun 2017 lalu, semua majelis hakim dapat menyelesaikan perkara tersebut. “Jadi ada jumlah perkara 132 yang ditangani, dan dapat diputus di tahun yang sama sejumlah 132 perkara sehingga nihil sisa perkara,” lanjutnya.

Cerai Gugat Mendominasi

Sementara itu Panitera Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta, Drs. Muhammad Yamin, M.H. mengungkapkan terkait detil data perkara selama tahun 2018. Menurut Abah Yamin –demikian sapaan akrabnya, dari data yang diterima selama tahun 2018, berdasarkan klasifikasi perkaranya, Cerai Gugat dan Cerai Talak mendominasi perkara diterima yaitu masing-masing 55 dan 41 perkara. Disusul Harta Bersama 13 kasus, Kewarisan 9, Penguasaan Anak 4, Wakaf 3 kasus, Lain-lain 4 kasus dan 1 kasus untuk Pembatalan Perkawinan, Pengesahan Anak dan Hibah.
Sementara untuk kategori amar putusan, sebagaimana diungkap Fahruddin, S.H. Panitera Muda Hukum PTA DKI Jakarta diperoleh data-data berikut ini; Kasus yang diputus menguatkan putusan pengadilan tingkat pertama sejumlah 39 perkara, menguatkan dengan memperbaiki sejumlah 59 kasus, membatalkan 28 kasus dan putusan tidak dapat diterima sejumlah 6 kasus.

rerata waktu memutus perkara

Jangka Waktu Putus

Adapun rentang waktu dalam memutus perkara, kata Fahruddin, didapatkan fakta bahwa jumlah perkara yang diputus 1 sampai 3 bulan sejumlah 129 perkara, 3 sampai 6 bulan sejumlah 2 perkara dan hanya 1 perkara yang diputus 6 bulan lebih. (Aday)

Hubungi Kami

Pengadilan  Tinggi Agama DKI Jakarta

Jalan Raden Inten II No. 3, Duren Sawit,
Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta (13440)

Telp:  (021) 86902313

Fax: (021) 86902314

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.