logo

Empat Satker Peradilan Agama DKI Jakarta Ikuti Sosialisasi Perma No 1 Tahun 2019 dan TOT E Court (14/8)

Written by aday on .

Written by aday on . Hits: 534

Empat Satker Pengadilan Agama DKI Jakarta Ikuti Sosialisasi Perma No 1 Tahun 2019 dan TOT E Court

TOT ecourt

Jakarta | pta-jakarta.go.id (14/8)

Mahkamah Agung RI menunjuk 4 satker Pengadilan Agama percontohan di wilayah DKI Jakarta untuk mengikuti sosialisasi Perma Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik di Pengadilan dan TOT E Court. Satker tersebut adalah PTA DKI Jakarta, PA Jakarta Barat, PA Jakarta Pusat Dan PA Jakarta Timur.

Untuk Tingkat Banding yang diundang adalah unsur pimpinan (Ketua/Wakil), Hakim Pengawas Tinggi Daerah dan Admin IT. Sedangkan Tingkat Pertama terdiri dari unsur pimpinan, Hakim, Panitera, Panitera Pengganti, Jurusita Pengganti dan Admin IT.

Acara ini digelar berkaitan rencana launching Perma Nomor 1 Tahun 2019 yang akan digelar bersamaan dengan ulang tahun MA yg dipusatkan di Ball room Mahkamah Agung (19/8).

Kegiatan ini sekaligus dimaksudkan untuk menyongsong era baru Pengadilan yaitu e litigation atau Persidangan Secara Elektronik.

Seperti diungkap Waka MA Bidang Yudisial saat membuka acara ini, perma nomor 1 Tahun 2019 ini Akan mencabut perma sebelumnya yaitu perma nomor 3 tahun 2018.

Dalam perma terbaru ini diungkap secara detil tentang bagaimana para majelis maupun para pihak dimungkinkan Akan bersidang secara elektronik. "Jawab menjawab, replik duplik, pemeriksaan bukti/saksi, kesimpulan, hingga pembacaan dan pengiriman putusan bisa dilakukan secara elektronik," ujar YM Dr. H. Syamsul Maarif Ketua Pokja Kemudahan Berusaha MA dalam paparannya pagi ini (14/8).

Diharapkan dengan sosialisasi dan TOT e court ini, MA Dan peradilan di bawahnya Januari 2020 seluruhnya sudah menggunakan e court untuk e filling, e payment, e summons hingga e ligitation.

Revolusi Luar Biasa

Program e litigation ini merupakan langkah revolusienor di Bidang peradilan. Aparatur harus siap dengan dunia digital atau elektronik. Sejumlah perubahan radikal serta efisiensi Bakal Terjadi dalam proses Persidangan. "Salah satunya, pembacaan Dan pengiriman salinan putusan dilakukan secara elektronik Dan bertanda tangan elektronik Dan masih banyak lagi." Imbuhnya.

Sejumlah langkah telah dipersiapkan MA. Salah satunya melengkapi piranti software Dan hardware Pengadilan yang cukup hingga kerjasama dengan BSSN terkait verifikasi Tanda tangan putusan elektronik. "Setiap Hakim atau PP harus full menggunakan smart phone dalam aktifitas nya. Yang tidak siap, silahkan pilih untuk pensiun dini, " ujarnya lagi.

Acara berlangsung selama 3 hari Selasa s.d Kamis 13-15 Agustus 2019 di Hotel Grand Mercure Jakarta Harmoni. (Aday)

 

Hubungi Kami

Pengadilan  Tinggi Agama DKI Jakarta

Jalan Raden Inten II No. 3, Duren Sawit,
Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta (13440)

Telp:  (021) 86902313

Fax: (021) 86902314

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.