Pimpinan dan Hakim Tinggi PTA DKI Jakarta Mengikuti Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial oleh Pimpinan dan Pejabat Eselon I Mahkamah Agung RI secara Virtual I (9/4)

logo

Pimpinan dan Hakim Tinggi PTA DKI Jakarta Mengikuti Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial oleh Pimpinan dan Pejabat Eselon I Mahkamah Agung RI secara Virtual I (9/4)

Written by kepegawaian on .

Written by kepegawaian on . Hits: 190

Pimpinan dan Hakim Tinggi PTA DKI Jakarta Mengikuti Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial oleh Pimpinan dan Pejabat Eselon I Mahkamah Agung RI secara Virtual

Pembinaan

Jakarta | pta-jakarta.go.id (09/03)
Ketua PTA DKI Jakarta, Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H. bersama Wakil Ketua, Dr. Hj. Djazimah Muqoddas, S.H., M.Hum., dan Hakim Tinggi mengikuti Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI dan Pejabat Eselon I bagi para Ketua/Kepala, Wakil Ketua/Wakil Kepala, Hakim, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada 4 (Empat) Lingkungan Peradilan seluruh Indonesi di ruang Command Center PTA DKI Jakarta yang diselenggarakan pada hari Jum’at, 9/4/2021 bertempat di ball room hotel Sheraton Kuta Bali secara virtual oleh Mahkamah Agung RI.

Pembinaan New

Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. M. Syarifuddin, SH., menyampaikan beberapa hal dalam Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial tersebut, diantaranya:
1. Ketua Mahkamah Agung mengatakan beberapa waktu yang lalu, pemerintah telah mengeluarkan himbauan untuk tidak melakukan mudik lebaran tahun ini, kita sebagai aparatur negara di bidang penegakan hukum harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat pada umumnya serta memerlukan kepatuhan dan kedisiplinan dari semua komponen, termasuk kita sebagai aparatur negara.
2. Mahkamah Agung telah menerbitkan SEMA Nomor 3 Tahun 2021 tentang Larangan Pungutan Terkait Pengambilan Sumpah atau Janji Advokat. Ada 3 hal penting yang harus di cermati dengan baik oleh Para Ketua Pengadilan Tinggi.
a. Pelaksanaan kegiatan pengambilan sumpah atau janji advokat harus dilaksanakan secara transparan dan akuntable sebagai upaya untuk mewujudkan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM;
b. Pengadilan Tinggi dilarang untuk memungut atau menerima biaya pelaksanaan pengambilan sumpah atau janji advokat, kecuali ditentukan lain oleh ketentuan peraturan perundang-undangan. Maksud dari biaya yang dikecualikan oleh SEMA tersebut adalah biaya honorium juru sumpah dan PNBP. Selain itu, pengadilan tidak boleh membebankan biaya kepada para advokat yang disumpah;
c. Pelaksanaan pengambilan sumpah atau janji advokat dilaksanakan di kantor Pengadilan Tinggi di wilayah domisili hukumnya.
3. Agar para hakim dan aparatur peradilan senantiasa berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Gunakanlah media sosial hanya untuk kegiatan-kegiatan yang positif. (Drm.Er.humas.pta.dki)

Hubungi Kami

Pengadilan  Tinggi Agama DKI Jakarta

Jalan Raden Inten II No. 3, Duren Sawit,
Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta (13440)

Telp:  (021) 86902313

Fax: (021) 86902314

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.