Konsolidasi MoU Percepatan Penyelesaian Perkara di 3 PTA (DKI Jakarta, Bandung dan Banten) I (05/10)

logo

Konsolidasi MoU Percepatan Penyelesaian Perkara di 3 PTA (DKI Jakarta, Bandung dan Banten) I (05/10)

Written by sudarman on .

Written by sudarman on . Hits: 40

Konsolidasi MoU Percepatan Penyelesaian Perkara di 3 PTA (DKI Jakarta, Bandung dan Banten)

Konsolidasi MoU.1

Jakarta | pta-jakarta.go.id (05/10)
Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta menggelar konsilidasi nota kesepahaman (memorandum of understanding) mengenai percepatan penyelesaian perkara pada 3 (tiga) wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta dengan Pengadilan Tinggi Agama Bandung dan Banten, hadir dalam konsolidasi di ruangan aula tersebut, Ketua PTA DKI Jakarta, Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H., Wakil Ketua, Drs. H. Endang Ali Ma’sum, S.H., M.H. perwakilan Hakim Tinggi dan Kepala Sub Bagian Keuangan dan Pelaporan beserta seluruh Ketua dan Panitera Pengadilan Agama se-DKI Jakarta.

Konsolidasi MoU.2

Dalam arahannya Ketua PTA DKI Jakarta, Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H., menyampaikan hasil konsultasi Bapak Dirjen Badilag dihadiri Sekretaris Badilag, bahwa pelaksanaan MoU (Nota Kespahaman KPTA Jakarta, KPTA Bandung dan KPTA Banten bertempat di Gedung Mahkamah Agung Jalan Jend. Ahmad Yani (Badilag) Lantai 12 pada hari Jumat tanggal 8 Oktober 2021 pukul 13.00 – Selesai dengan peserta terdiri dari: 1. Ketua PTA dan Panitera Tingkat Banding dari PTA Jakarta, Bandung dan Banten, 2. Para Ketua Tingkat Pertama dari ketiga PTA tersebut dan 3. Para KPTA yang mengundang para Ketua PA di Satkernya masing-masing untuk hadir pada acara tersebut di Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI.

Konsolidasi MoU.3

Oleh karena itu kegiatan MoU ini segera tindaklanjuti agar percepatan penyelesaian perkara tersebut berjalan dengan baik pada tiga wilayah hukum PTA DKI Jakarta, Bandung dan Banten, meliputi panggilan secara delegasi, penyampaian isi putusan, pemeriksaan setempat, penyitaan, eksekusi, dan perlawanan yang semuanya itu sudah berjalan dan sudah ada dasar hukumnya.

Konsolidasi MoU.4

Dan juga adanya konflik kepentingan pada bantuan panggilan, karena hal ini sebuah tantangan yang harus diubah menjadi peluang, dan ini adalah menjadi tugas dan tanggung jawab serta wewenang Pengadilan Tinggi Agama yang membawahi satker yang berada dalam kewenangannya berdasarkan pasal 39 Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman. Oleh karena itu untuk memudahkan pengawasan mengenai jalannya peradilan agar diselenggarakan dengan seksama dan sewajarnya serta karakter dan integritas ASN termasuk hakim yang berada dibawah kewenangan Pengadilan Tinggi Agama yang melakukan MoU ini.

Konsolidasi MoU.5

Demikian pula untuk mengendalikan pelaksanaan tugas tersebut, maka akan dibentuk sebuah aplikasi yang terkoneksi, terintegrasi dan tersinergi dengan ketiga Pengadilan Tinggi Agama tersebut dan satker dibawahnya, oleh karena itu dengan adanya MoU ini agar permasalahan selama ini yang sering dirasakan masyarakat pencari keadilan segera mendapat kepastian hukum oleh pengadilan tersebut. (Drm.Ar.humas.pta.dki)

Hubungi Kami

Pengadilan  Tinggi Agama DKI Jakarta

Jalan Raden Inten II No. 3, Duren Sawit,
Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta (13440)

Telp:  (021) 86902313

Fax: (021) 86902314

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

layanan Informasi

LAYANAN INFORMASI
DAN PENGADUAN