logo

PTA DKI Jakarta Gelar Persidangan Ditengah Covid, Begini Suasananya (17/6)

Written by aday on .

Written by aday on . Hits: 307

PTA DKI Jakarta Gelar Persidangan Ditengah Covid, Begini Suasananya

Jakarta | pta-jakarta.go.id (17/6)

PTA DKI Jakarta menggelar persidangan untuk memutus perkara yang diajukan upaya hukum banding.

Sebagai pengadilan ulangan, Pengadilan Tingkat Banding dapat memeriksa bukti-bukti terhadap perkara yang akan diputus.

Pengadilan Tingkat Pertama dan Pengadilan Tingkst Banding adalah judex facti, yang berwenang memeriksa fakta dan bukti dari suatu perkara. Judex facti memeriksa bukti-bukti dari suatu perkara dan menentukan fakta-fakta dari perkara tersebut.

Terhadap perkara-perkara yang dianggap Majelis masih ada hal yang urgen untuk dikonfirmasi, Majelis dapat menggelar persidangan dengan menghadirkan para pihak berperkara.

Selasa, 16 Juni 2020, Majelis yang diketuai oleh Dr. H. Ahmad Fathoni, S.H., Dr. H. Wakhidun, AR, S.H.M.H.(Anggota), Drs. H. Mohammad Chanif S.H., M.H. (Anggota) dan Aday, S.Ag., M H. (Panitera Sidang) telah dilangsungkan persidangan dengan memanggil para pihak untuk bersidang di PTA DKI Jakarta.

Karena masih diberlakukan new normal usai PSBB -atau masa transisi PSBB versi Pemprov DKI Jakarta, PTA DKI Jakarta memberlakukan protap pencegahan Covid-19 selama persidangan berlangsung.

Wakil Ketua PTA DKI, Dr. Hj. Djazimah Muqoddas, S.H., M.Hum. secara khusus melakukan koordinasi dengan Panitera, Sekretaris, para Kabag dan Tim IT untuk memastikan kesiapan properti persidangan di masa Pandemi Covid 19 ini. "Diharapkan, segala sesuatunya dapat kita persiapkan terhadap hal-hal yang kurang," ucap Wakil Ketua dalam arahannya, Senin (15/6)

Begini Penerapannya

Sejak para pihak tiba di kantor (begitu juga aparatur pengadilan) petugas PTA DKI Jakarta terlebih dahulu mengintruksikan pihak tersebut untuk mencuci tangan, lali dilanjutkan menggunakan hand sanitizer.

Selanjutnya petugas melakukan pengecekan suhu badan. Pihak juga diingatkan untuk selalu menggunakan pelindung wajah atau masker.

Mengisi Buku Tamu Elektronik

Pihak selanjutnya diarahkan mengisi buku tamu. Untuk terapkan phsycal distancing, PTA DKI Jakarta memilih untuk memberlakukan registrasi penerimaan tamu secara elektronik. Aplikasi yang berbasis web ini, terkoneksi langsung dengan pihak pimpinan yang dituju setelah sebelumnya dilakukan rekam wajah dan input identitas melalui kartu yang sudah menggunakan QR code sebagai identitas selama menjadi tamu.

Tamu selanjutnya dapat menunggu di ruang tunggu usai pimpinan dituju menyetujui tamu untuk melanjutkan keperluannya. Ruang tunggu didesain dengan memberi jarak fisik dengan memberikan silang.

Face Shield Majelis

Selama persidangan, seluruh Majelis menggunakan masker wajah, sarung tangan dan juga face shield.

Face shield yang berbahan plastik bening digunakan untuk pelindung wajah secara full untuk hindari kontak langsung dengan para pihak. Ini sebagai ganti plastik pembatas yang ada di ruang area PTSP. Tentu saja physical distancing tetap diberlakukan selama persidangan.

Sangat Puas Dengan Pelayanan

Sementara itu, saat ditanya redaksi usai rehat sidang, Mukhsin, S.H. selaku kuasa hukum pihak Pembanding mengaku sangat puas dengan pelayanan persidangan selama Pandemi Covid 19 ini. Menurutnya, sejak tiba di PTA DKI Jakarta, ia mendapat pelayanan maksimal. "Dari mulai saya datang, saya disambut petugas lalu diarahkan gunakan pembersih tangan, cek suhu hingga input buku tamu," ungkap Mukhsin antusias. Lebih lanjut ia pun menyatakan proses persidangan pun jelas dan pasti. Menurut kesaksiannya pelayanan di pengadilan agama yang pernah ia ikuti, sangat puas dan pasti terutama antrian sidangnya. "Jika bersidang, antrian di PA jelas dan pasti," ujarnya. Namun ia tak lupa memberi masukan agar persidangan sebaiknya tidak dilakukan istirahat siang. "Inginnya sidang tetap jalan dengan sistim shif seperti di layanan bank," harapnya. (Ah)

Hubungi Kami

Pengadilan  Tinggi Agama DKI Jakarta

Jalan Raden Inten II No. 3, Duren Sawit,
Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta (13440)

Telp:  (021) 86902313

Fax: (021) 86902314

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.