logo

Kementerian PAN dan RB melaksanakan Desk Evaluation ZI menuju WBBM pada PTA DKI Jakarta I (05/11)

Written by kepegawaian on .

Written by kepegawaian on . Hits: 111

Kementerian PAN dan RB melaksanakan Desk Evaluation ZI menuju WBBM pada PTA DKI Jakarta

DE ZI

Jakarta | pta-jakarta.go.id (05/11)
Tim Desk Evaluasi Zona Integritas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melakukan evaluasi secara daring pelaksanaan Zona Integritas menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) pada Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta hari Kamis, 5 November 2020 sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Hadir dalam evaluasi capaian pembangunan zona integritas menuju WBBM tersebut yaitu 4 Pimpinan PTA DKI Jakarta, Ketua, Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H., Wakil Ketua Dr. Hj. Djazimah Muqoddas, S.H., M.Hum., Panitera, Drs. Muhammad Yamin, M.H. dan Sekretaris Drs. H Erwin Widanarko, S.H., S.A.P., M.Pd. dan para Koordinator Area serta Anggota Tim Zona Integritas Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta. Dalam paparan tersebut Ketua PTA DKI Jakarta dengan penuh semangat dan percaya diri mempresentasikan capaian dan progres pelaksanaan zona integritas menuju WBBM pada PTA DKI Jakarta.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus dalam penyampaian tersebut diantaranya perubahan mind site dan culture site serta percepatan pelayanan publik berbasis teknologi informasi. Salah satunya percepatan penanganan perkara tingkat Banding dari regulasi yang ada paling lama 3 bulan, kemudian dengan komitmen pimpinan dan para hakim tinggi penanganan perkara lebih cepat menjadi 14 hari untuk perkara biasa dan 28 hari untuk perkara rumit serta penggunaan teknologi informasi berupa inovasi aplikasi-aplikasi pendukung untuk membantu penyelesaian perkara dan administrasi kantor.

DE ZI.2

Disamping itu setelah pemaparan, ada pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh Tim Desk Evaluasi ZI Kementerian PAN dan RB yang diketuai oleh Firmansyah dan anggota Afif Nur Wahid untuk menggali sampai dimana pelaksanaan zona integritas yang diterapkan oleh PTA DKI Jakarta termasuk pembinaan dan pembekalan Zona Integritas menuju WBK (Wilayah Bersih dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) pada Pengadilan Agama sewilayah DKI Jakarta.

Ada sejumlah inovasi yang menjadi poin strategis dalam pelaksanaan ZI menuju WBBM yaitu penggunaan aplikasi buku tamu elektronik SIPETA. Aplikasi SIPETA menjadikan sistem penerimaan tamu di PTA maupun di PA menjadi simpel, praktis dan akurat. Seperti yang disampaikan oleh Aday, S.Ag., M.H. perwakilan tim IT PTA DKI Jakarta, dengan tidak terlalu lama tamu menunggu jika ingin bertemu dengan pejabat dituju, karena proses registrasi dilakukan secara elektronik dan terkoneksi dengan seluruh jaringan pejabat dimaksud. Sistem ini pula dapat merekam wajah tamu, identitas, tujuan dan maksud bertemu dengan pejabat.

DE ZI

Dalam sesi tanya jawab tersebut Panitera PTA DKI Jakarta membeberkan penggunan aplikasi SiPP yang merupakan media bisnis proses penanganan perkara dengan menyajikan seluruh data-data penanganan perkara termasuk media efektif untuk monitoring penanganan perkara pada PTA DKI Jakarta dan PA se-DKI Jakarta.

Wakil Ketua PTA DKI Jakarta memberikan masukan bahwa pelaksanaan pembinaan dan monev pelaksanaan ZI PA se-DKI oleh PTA DKI Jakarta dalam rangka menuju WBK dan WBBM merupakan salah satu instrument yang penting untuk mewujudkan PA se-DKI Jakarta mendapatkan predikat WBK/WBBM. Selanjutnya Sekretaris PTA DKI Jakarta memberikan penjelasan mengenai monitoring dan evaluasi berkelanjutan bagi PA se-DKI dalam pelaksanaan ZI menuju WBK/WBBM dengan memberikan pelayanan inovatif dan berintegritas serta berpihak kepada kepuasan masyarakat, seperti penggunaan aplikasi Drive-Thru Santri pada PA Jakarta Barat dalam rangka mempermudah pengambilan produk pengadilan diantaranya akta cerai dan salinan putusan, Layanan Go Pro pada PA Jakarta Selatan merupakan inovasi pengiriman produk pengadilan melalui layanan kerja sama dengan kantor pos sehingga para pihak tidak perlu datang ke kantor PA untuk mengambil produk pengadilan. Layanan-layanan tersebut juga bermanfaat untuk meminimalisir tatap muka langsung dalam memberikan layanan di kantor Pengadilan Agama terutama dalam masa kondisi pandemi covid-19 saat ini.

Pelaksanaan Desk Evaluation yang juga didampingi oleh Ferri Taufik Ferdiansyah dari Tim Penilai Instansi (TPI) Mahkamah Agung berlangsung sangat kondusif dengan masing-masing pihak bisa saling merespon (responsif) baik terhadap pemaparan yang telah disajikan, pertanyaan-pertanyaan, jawaban dari pertanyaan-pertanyaan, serta penjelasan-penjelasan yang disampaikan. Setelah acara ditutup oleh Ketua Tim Desk Evaluation Firmansyah dari Kementrian PAN dan RB, Sekretaris PTA DKI Jakarta memimpin yel-yel bersama secara kompak, Mahkamah Agung ....... UNGGUL; Dirjen Badilag ...... EXCELENT; PTA DKI Jakarta ......... JUARA, LUAR BIASA. (Drm.Er.humas.pta.dki)

Hubungi Kami

Pengadilan  Tinggi Agama DKI Jakarta

Jalan Raden Inten II No. 3, Duren Sawit,
Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta (13440)

Telp:  (021) 86902313

Fax: (021) 86902314

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.