logo

Paten! PTA DKI Jakarta Kembali Catatkan Rekor Sapu Bersih Penanganan Perkara Tahun 2020 (28/12)

Written by aday on .

Written by aday on . Hits: 65

Paten!, PTA DKI Jakarta Kembali Catatkan Rekor Sapu Bersih Penanganan Perkara Tahun 2020
 
IMG 20201228 212342 699
 
 
Jakarta | pta-jakarta.go.id (28/12)
PTA DKI Jakarta kembali membuat rekor penanganan perkara di tahun 2020 sapu bersih alias seluruh perkara masuk berhasil diputus di tahun yang sama.
Menyisakan 1 perkara pada tahun sebelumnya (2019), perkara masuk di tahun 2020 tercatat 153 perkara. "Alhamdulillah, di tahun ini kita kembali berhasil memutus seluruh perkara. Itu artinya PTA DKI Jakarta berada dalam posisi zero perkara", ungkap Wakil Ketua PTA DKI Jakarta, Dr. Hj. Djazimah Muqoddas, S.H., M.Hum. Atas hal ini, menurutnya patut diapresiasi kepada seluruh Majelis Hakim atas kinerja penanganan perkara yang 'menghabisi' tanpa sisa sama sekali. "Itu artinya para pihak pencari keadilan dapat secepatnya memperoleh kepastian hukum di tahun ini juga atas perkara yang mereka ajukan," imbuh Djazimah bahagia.
Hal yang sama diutarakan Ketua PTA DKI Jakarta, Dr. H. M. Syarif Mappiasse, S.H., M.H. Ketua mengucapkan rasa terimakasihnya atas kinerja prestasi penanganan perkara secara cepat, tepat dan akuntabel. 
Hal ini tak terlepas dari kebijakan Syarif Mappiase menerapkan percepatan penanganan perkara di lingkungan PTA DKI Jakarta. Mantan hakim badan pengawasan MA yang dilantik 22 April 2020 menjadi Ketua PTA DKI Jakarta ini, langsung memberlakukan kebijakan untuk dapat memutus perkara yang tergolong biasa selama 14 hari kalender saja dan 28 hari kalender untuk perkara yang dianggap luar biasa.
Penghargaan Prestasi Penanganan Perkara
 
Pimpinan PTA DKI Jakarta juga akan menggelar perlombaan sekaligus penghargaan kepada Majelis Hakim yang telah berprestasi dalam memutus perkara di tahun 2020 ini. 
Sejumlah perangkat dan instrumen telah disiapkan termasuk Surat Keputusan Tim dan perumusan keriteria penilaian. Tim yang di komandani Wakil Ketua PTA DKI Jakarta, Dr. Hj. Djazimah Muqoddas, S.H., M.Hum. dengan Panitera, Drs. Muhammad Yamin, M.H. ini sudah mulai bekerja hingga benar-benar perkara tahun 2020 diputus. 
Menurut Ketua Tim di awal tahun depan akan diumumkan para peraih penghargaan tersebut.
Pesan Untuk Majelis Hakim
Dalam kesempatan yang lain Ketua PTA DKI Jakarta selalu terus mengingatkan agar majelis hakim benar-benar dapat memutus dengan cermat dan teliti. Menurutnya ketelitian dan kecermatan majelis dalam memutus akan berdampak pada sejauh mana putusan -terutama amar, tersebut mempunyai kekuatan eksekutorial. (ah)

Hubungi Kami

Pengadilan  Tinggi Agama DKI Jakarta

Jalan Raden Inten II No. 3, Duren Sawit,
Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta (13440)

Telp:  (021) 86902313

Fax: (021) 86902314

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.